oleh-oleh dari sulawesi (1)

hmm.. udah lama juga yah gak posting..

mumpung lagi in the mood, pengen bagi-bagi cerita ..

MAKASSAR – POLEWALI MANDAR

Saya berangkat ke sini udah hampir 2 bulan yang lalu. Untuk mencapai ke Polewali Mandar, jalur penerbangan yang paling dekat memang cuma sampai Makassar. Perjalanan ke sana memakan waktu kurang lebih 7 jam perjalanan darat dari Makassar, dengan catatan jalanan rusak tapi mobil dikendarai oleh supir tipe koboy.

Rute perjalanan mulai dari Makassar – Pare Pare – Pangkep – Polewali Mandar. Mengingat waktu perjalanan memakan 7 jam, maka akan sangat bijak kalo kita mampir ke restoran untuk isi perut. Waktu pulang sih kita mampir di Pare-Pare, tapi waktu berangkatnya kita mampir di Pangkep.

Nah, ini yang seru. Waktu di Pangkep, kita mampir di restoran yang menyediakan ikan bakar, sebagaimana 732842847 restoran lainnya di sulawesi. Makanan yang disajikan waktu itu: SOP SAUDARA dan IKAN BAKAR.

Kita mulai dari sop saudara,

sopnya sih asik-asik aja… kayak2 soto di jawa (mirip soto bandung yang rasanya agak light), tapi.. isinya jeroan.. (say bye bye to jeroan…)

okeh, sekarang kita beranjak ke ikan bakar.. dengan penuh gairah saya menjamah ikan bakar dan mencocolkannya ke sambal berwarna putih yg tersedia (yang di atasnya ada daun2 itu loh)… dan seketika saya terdiam.

ASSSYYYYYIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIINNNNNNNNNNNNN

how come ada sambel kacang yg rasanya asin? really doesnt make sense for me huhuhuhuh….

makan malam pun berakhir dengan susah payah (mau gak mau harus dihabisin, mengingat: 1. mubazir, 2. ini makanan gratis, 3. perjalanan masih 4 jam (dan sampe di polewali dini hari), 4. laper)..

say bye bye to Pangkep’s food…

anyway, ikan bakar di polewali mandar (alhamdulillah) sesuai selera,, hehehe…

bicara tentang keindahan alam,, menurut saya sih kondisinya kurang lebih mirip2 daerah selatan di jawa barat (garut selatan, cianjur selatan) dengan komposisi areal persawahan dan daerah pesisir.. saya sendiri karena nenek moyangya berasal dari daerah terpencil, jadi kurang begitu “kaget” ngeliat kondisi di sana..

cerita tentang yang bikin kaget, mungkin bisa disimak di episode berikutnya :mrgreen:

keep reading!

4 thoughts on “oleh-oleh dari sulawesi (1)

  1. Teh, mana oleh2nya? hehe bcanda…

    punten teh, itu alamat wordpressku yg ada di sidebar, astra-nya di ilangin aja, kesannya gimanaa gitu..(tapi kalo boleh sih)

    haturnuhun 🙂

    Like

  2. as u wish mas… 🙂

    hehehe, sebenernya itu mah identity aja, biar ntar kali2 aja ada yg pengen tau, org yg kerja di astra itu gimana sih,, tinggal buka wp-nya mas sonny hehe.. maklum, banyak relasi angkatan freshgraduate :p

    Like

  3. Pingback: janji terakhir « ada cerita apa hari ini??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s