½ tahun Raya…

alhamdulillaahirabbil’aalamiin tanggal 26 Oktober genap sudah 6 bulan Raya hadir di dunia ini =)

selama 6 bulan ini, banyak cerita2 kebahagiaan yang sudah Raya berikan terutama pada kami, orang tuanya. perkembangan yang membuat takjub dan tak henti2nya disyukuri. bapak dan ibu love you, Tsuraya!

  • MUDIK

    umur 6 bulan 6 hari, Raya mudik ke Indonesia. yay! perjalanan yang lumayan panjang, 24 jam dari bandara ke bandara dengan transit 5+1 jam. take off dan landing alhamdulillah smooth, pokoknya sumpel nenen aja =))
    .
    perjalanan mudik terbagi jadi 2: gothenburg-istanbul (masih ada Bapak), istanbul-singapur-jakarta (hanya ibu dan Raya, karena Bapak harus ke Cape Town dan baru nyusul mudik bulan depan). naaahh, inilah tantangannya karena ternyata Raya gak suka tidur di baby bassinet huhuhu. tiap udah ketiduran, begitu ditaruh di bassinet langsung nangis… kalo udah pulessss banget baru bisa ditaruh. alhasil lumayan dehhh, eike pegel2 karena Raya maunya bobo di pangkuan ibu….
    .
    oke, tantangan berikutnya adalah jetlag! sampe tulisan ini dipublish (means udah seminggu Raya di Indo), tidurnya masih kebalik2. sempet baru bangun jam 1 siang. haduuuuhhh. emaknya juga ikutan jadi bangun siang deh =))
    ..
  • MPASI

    ok, seperti yang udah di post sebelumnya, Raya curi icip2 buah h-7 sebelum umurnya 6 bulan hehehe. so far, di umur Raya yang udah 6m2w ini, Raya masih full BLW. belum pernah makan bubur, belum pernah baru sekali disuapin. gara2 sembelit, sekali itu akhirnya disuapin jus melon deh (tapi tetep dia pegang sendok, dan jus sebisa mungkin dia yang masukin ke mulut). apa boleh buat, diniatin buat obat soalnya. huhuhu…. rasanya terluka banget ngeliat anak jerit2 kesakitan gak bisa pup ='(
    .
    setelah ditilik2 sih kayanya karena kurang cairan (ibunya juga kurang minum selama perjalanan di pesawat), pleuuss si non kecil makannya hap hap hap dan waktu itu menunya kentang. kayanya itu sih yang jadi tersangka. alhamdulillah setelah minum jus melon dan makan melon potong, pupnya lancarrr. jangan lagi2 ya Allah, aamiin.
    .
    so far, Raya udah makan buah: apel, pir, mangga, melon, jambu air, alpukat, plum, jeruk, pepaya, semangka.
    sementara sayurannya: zucchini, brokoli, kembang kol, labu siam, kacang panjang, buncis, seledri. karbonya baru kentang aja.
    …….
  • PERKEMBANGAN FISIK DAN MOTORIK

    sampe hari terakhir sebelum mudik, Raya belum bisa balikin badan dari posisi tengkurep huekekeke. baru beberapa hari di Indo, alhamdulillah udah bisa. plus, udah mulai onggong2, sikap siaga mau maju, dan merangkak di tempat (karena tangan masih ngerem). tapi kayanya gak begitu melewati fase ngerayap deh dia, langsung ngangkat badan aja maunya. dasar bayiiii, emang unik dan gak bisa ditebak =))
    .
    oya, Raya juga udah mulai responsif kalo dipanggil nama sejak umur 5 bulanan kayanya. daaann, udah mulai mengenal rumah dan keluarga terdekatnya. kalo dibawa ke rumah orang trus keliatan gak ada ibunya kadang suka nangis. makanya butuh waktu juga untuk penyesuaian sama keluarga di Indo. alhamdulillah setelah 2 hari-an udah mulai bisa “dipisah” sama ibunya.
    .
    kosakata Raya juga udah mulai banyak: meh, ngkeh, cah, mpuh, deh, nggih, nggaaa, cih,,, apa lagi ya? gak dicatetin sih, padahal Bapaknya nyuruh nyatet :mrgreen:
    .
    waktu umur Raya 6 bulan kurang 1 hari, sempet ditimbang dan diukur. berat Raya waktu itu 8,03 kg dan tingginya 66,7 cm. berat Raya “hanya” naik 60 gr dalam seminggu (3 minggu sebelumnya, berat Raya 7,96 kg), akhirnya dokternya memutuskan untuk tes alergi deh. cerita selengkapnya di poin yang lain.
    .
  • ALERGI

    sejak umur 2 bulanan, saya udah curiga kalo Raya kena DA (Dermatitis Atopi). walaupun ibu dan bapaknya sama sekali gak punya alergi, asma, maupun eksim, tapi kita sama-sama ngebawa gen dari kedua belah pihak.
    .
    berdasarkan pengamatan sementara, DA Raya makin parah kalo saya makan kacang dan udang (Raya, alhamdulillah masih fully breastfeed, makanya apa yang saya makan akan berpengaruh ke dia). oya, yang dimaksud kacang dan udang bukan hanya dalam bentuk asli lho; kerupuk udang, petis, terasi, juga punya efek yang sama 😥
    telur juga bikin pipinya merah tapi gak ngebikin super gatal kaya kacang atau udang.
    .
    selama ini saya selalu konsul ke perawatnya Raya. tapi gak terlalu direspon serius. suatu ketika, giliran kontrol ke dokter, eh kok ya pas berat badan Raya gak begitu bagus naiknya. belum sempet dokter nanya, saya udah cerita tentang DA-nya Raya. alhasil, Raya pun dites alergi dengan 2 metode: metode skin prick test (hasil cepat, tapi kalo negatif biasanya gak akurat) dan blood test (akurat, harus nunggu 2 minggu). karena keburu mudik ke Indo, sementara ini baru dapet hasil dari skin testnya aja: Raya positif alergi telur. huhuhuhu.. tapi kata dokter, most children will outgrow this allergy. semoga secepatnya buat Raya.. aamiin. pingin nyoba telur ayam kampung atau telur bebek sih mumpung lagi di Indo. nanti lah kalo udah 8 bulanan. masih harap2 cemas nunggu yang hasil tes darah nih..
    .
    oya, kenapa dokter jadi curiga ada alergi ketika ngeliat growth chart-nya Raya? karena ternyata, alergi gak cuma menimbulkan reaksi ruam kulit atau sesak nafas, tapi juga bisa menimbulkan radang di pencernaan sehingga nutrisi tidak bisa terserap secara optimal. hiks, kasiannya anak ibu… semoga segera sembuh total ya nak..
  • VAKSINASI
    selain vaksinasi DPT, Polio, HiB, dkk tahap ke-2 waktu Raya umur 5 bulan, Raya juga disuntik BCG. vaksin BCG memang gak wajib di Swedia, tapi karena kita mau pulang ke Indo -yang notabene endemik TBC- maka disuntiklah Raya sebelum mudik.

nah, demikian ringkasan super ringkas dari 6 bulan pertama dalam hidup Raya. gak kerasa, udah gede aja kamu nak… dipikir2, bayi tu luar biasa ya.. 6 bulan hidupnya aja udah banyaaaaakk perkembangan yang terjadi. coba kita manusia dewasa, tiap tahun kayanya gini2 aja. tambah pikun sih iya =)

makin besar ya Tsuraya, semoga makin pintar, cerdas, dan sholihah. teriring doa selalu untukmu, wahai penyejuk hati =)

“Ya Rabbku, ilhamkanlah padaku untuk bersyukur atas nikmatmu yang telah Engkau karuniakan padaku juga pada orang tuaku. Dan ilhamkanlah padaku untuk melakukan amal sholeh yang Engkau ridhoi dan perbaikilah keturunanku”{QS. Al Ahqof [46] : 15}

9 thoughts on “½ tahun Raya…

    • silakaann mbak yayuk 🙂
      mildison lipid udah lama gak dipake. dipake kalo lagi merah2 aja. anehnya, pas berat badannya gak begitu naik itu justru pas alerginya gak muncul di kulit lho..

      Like

  1. Teh Riana. Salam Kenal. meninggalkan jejak dulu ah. terimakasih ya diary blw nya.bisa nih dicontek. 🙂 hehehe,,naga-naganya saya pun mau curi start karena mau mudik juga.ohya, pas mulai blw itu, Raya udah bisa duduk sendiri tak..?saya agak bingung di bagian sananya,karena sampe sekarang kakak nailah (5m kurang 3hari) belum bisa duduk sendiri.

    Like

    • sama2 salam kenal Wina 🙂 (panggilannya Nia ya?)
      iya, Raya juga belum bisa duduk kok waktu itu. Raya bisa duduknya umur 6,5 bulan. tapi kalo didudukin di kursinya, posisi duduknya bisa tegak. atau kalo gak ada kursi, bisa dipangku dulu posisinya.
      hehe iya nyuri2 blw gak dosa2 amat lah (pembenaran hihi), soalnya kan belum tentu kemakan. kalo kemakan pun, bonus lah 😀
      selamat ber-BLW ya.. 🙂

      Like

      • food until 1 year is fun lah yaa.. 😀
        ah, doakan saya sukses ya teh.. 😀

        klo di rumah dipanggilnya Nia teh.klo jaman sekolah/kuliah dipanggilnya Wina.begitu

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s