BLW (Baby-Led Weaning)’s Diary: Usia 7 Bulan

udah hampir 3 bulan Raya ber-BLW, alhamdulillah.. terimakasih yang paling besar harus disampaikan buat Bapaknya Raya, Enin, dan Engki-nya yang mendukung sepenuhnya metode BLW sejak Raya mulai MPASI.

buat Bapaknya Raya yang selalu percaya akan hasil riset koboi istrinya, hehe. dan buat Engki dan Enin yang dengan senang hati belanja buah dan sayuran, masak, sampe promosi ke orang-orang kalo Raya pake metode BLW dan acara makan selalu happy!

diary 7 bulan ini agak telat publish karena sebentar lagi harusnya udah publish yang 8 bulan hehehe. berikut catatan MPASI Raya selama umurnya 7 bulan:

  • SUDAH MAKAN APA SAJA?

    Buah:

    plum, jeruk, pir, apel, melon, semangka, alpukat, belimbing, jambu air, pisang, alpukat, mangga, strawberry, pepaya + sawo (jangan ditiru, harusnya sawo 12+ xixixi, alhamdulillah Raya doyan dan gak ada masalah)

    Sayuran:
    lobak, brokoli, kembang kol, buncis, labu siam, baby corn, zucchini, kacang panjang, seledri, terong ungu, paprika hijau, wortel, dan timun.

    Karbohidrat:
    kentang, beras (lontong), labu parang, dan gandum (oatmeal) + beras merah, labu kuning, singkong, ubi ungu, ubi cilembu, dan rice spaghetti
    .

    Protein Nabati dan Hewani:

    daging ayam, daging sapi, kacang merah, kacang hijau, tahu, dan tempe
    DAIRY PRODUCT:

    butter dan keju
  • JADWAL MAKAN
    pagi hari Raya selalu makan buah dulu (menganut prinsip food combining bahwa buah lebih baik dicerna saat perut kosong). sementara siang Raya biasanya makan makanan lengkap (karbo+protein+sayur), lalu malamnya ditutup dengan karbo+sayur. umur 7 bulan ini saya udah mulai bereksperimen dengan resep dan membuat one-dish-meal dari beberapa jenis makanan. meskipun demikian, makanan dalam bentuk aslinya masih lebih sering saya hidangkan (ingat bahwa salah satu poin BLW adalah supaya anak tau makanan dalam bentuk dan tekstur aslinya!)
    .
  • REAKSI TERHADAP MAKANAN
    refleks motorik Raya terhadap makanan sudah sangat sangat baik. di umur 7 bulan, dia tidak hanya bisa memakan makanan yang menyembul ke atas dari genggamannya tapi juga dari bawah dan menghabiskan seluruhnya yang ada dalam genggamannya.
    ..
    gerakan menggebrak agak menghilang tapi gerakan meremas selalu ada huehehehe. maskeran juga teteepp, plus krimbat karena Raya hobi garuk2 kepala =))
    .
    alhamdulillah reaksi alergi Raya mulai berkurang, terutama yang dari ASI, karena waktu umur Raya 7 bulan saya masih belum berani ngasih makanan yang berpotensi alergi langsung pada Raya.

    bonusnya adalah, 2 gigi bawah Raya tumbuh ketika umurnya 7.5 bulan dan 2 gigi atas menyusul tumbuh ketika umurnya hampir 8 bulan :mrgreen:
     
  • PUP dan SEMBELIT
    alhamdulillah Raya udah gak pernah sembelit lagi. tekstur pupnya pun (maaf) konsisten, ketika makan banyak beras merah teksturnya akan padat sementara ketika banyak konsumsi jeruk teksturnya akan sedikit lunak.
  • TIPS dan TRIK
    just follow your baby’s intuition. BLW is fun for both of you and your baby. trust me! 😉

demikian diary Raya ber-BLW ketika umurnya 7 bulan. diary ketika umur 8 bulan kayanya harus ditulis dari Swedia hiks hiks. barokah selalu ya nak, aamiin!

21 thoughts on “BLW (Baby-Led Weaning)’s Diary: Usia 7 Bulan

  1. riiii.. selalu suka liat foto-foto blw nya rayaaa, gembul sekaliiih dan kayanya sangat menikmati hihi. dan akupun jadi kabitaaa ingin segera ber-blw ria hehehe. kemaren2 sudah mengenalkan metode blw sejak dini ama neneknya thifa dengan cara apa coba?? liatin fotonya raya hahahha
    dan alhamdulillah, nenek mendukung thifa blw tar.. huaaa mohon bimbingannya yaa bu 😀
    ga sabar, padahal masi 4 bulan lagiii hihi

    Like

    • angguuunn.. hihihihi. didoain semoga lancar ya gun.. yang penting suasana makan hepi. aku juga dulu kebita blw karena ngeliat raka-nya budil. padahal belum hamil eta teh. sejak saat itu jadi cari2 tau. 4 bulan lagi mah gak kerasa geura =))

      sama2 ya gun, masih belajar ini juga hehe. mari belajar bersama :mrgreen:

      Like

  2. mba riana salam kenal.. mau banyak tanya nih.. klo boleh tau oatmealnya dsajikannya gmn ya? cm dmasak aja gtu jd ky bubur? klo kacang”an jg dkasih utuh ya? satu lg mba klo daging ayam sm sapi gmn disajiinnya k Raya.. hoho maaf ya mba byk nanya.. btw Raya tgl lahirnya sm ky anakku Alena 26 apr.. namanya pun nyaris sm yaa.. hihi..

    Like

    • halo mbak Lia.. salam kenal kembali =)

      mohon maaffff baru dibales.
      aku pas Raya 7 bulan biasanya oatmealnya di-grind halus trus jadi pengganti tepung. bisa buat pancake, dll. pernah juga dibuat bubur untuk latihan nyendok.

      kacang2an juga aku halusin. trus aku buat sebagai saus. untuk kacang ijo, rebus sampai empuk dan air habis trus dikepal2 kaya perkedel.

      daging sapi masih pake daging giling. dibuat burger (panggang). untuk daging ayam, direbus pake bumbu2 kecuali gulgar.

      mudah2an membantu yaaa..

      wah, Alena lahirnya 26 April 2012? berarti beda setahun pas hihi.. lucu yah bisa kebetulan gini =)

      Like

  3. salam kenal mbak riana,, mau nanya,pernah ga diajakin traveling gt si Raya? kl lg travelling gt, makannya tetep blw ato disuapin?

    trimakasi

    Like

    • salam kenal kembali mbak Kiky 🙂

      iya mbak, dia selalu BLW meskipun dalam perjalanan. biasanya saya bekal buah potong, kentang panggang, jagung rebus, dll. makannya sambil dipangku, atau di car seat (kalau di dalam mobil), atau lesehan. bebas hehe.. pokoknya yg memungkinkan 🙂

      Like

  4. trimakasi mbak, hehe.. mau nanya lg donk kl usia 7 bulan kan mulai makan karbohidrat dan sayur, itu dibentuk spt apa ya? kl model nasi tim gt kan hrs disuapin ato bgmn? soalnya kebetulan pas usia 7 bulan nanti anakku mau mudik naik kereta, butuh masukan banyak nih biar ga kerepotan..

    Like

    • kalo mau konsisten blw-nya, gak bisa dibekel nasi tim mbak 😀 rada susah kalo makan sendiri dengan nasi tim sambil travelling.
      biasanya karbo saya pakai kentang, jagung, atau ubi (agak belepotan dikit kalo ubi) 🙂
      semoga sedikit membantu 🙂

      Like

  5. oh gitu ya, ok deh.. nanti coba dipraktekin dulu,, tks banyak mbak riana, doakan semoga blw anakku lancar jayaaa.. hehe,amiinn

    Like

  6. Salam. Saya Ana. Salam kenal. Trims utk sharing pengalamannya. Anak sy usia 8 bln mau 9 bln, baru saya mulai BLW. Agak terlambat mungkin, tp di buku yg sy baca msh memungkinkan. Pagi tadi sy coba, biasanya disuapin..kalaupun makan sendiri sebatas biskuit atau buah, tp sejauh ini blm berinisiatif makan sendiri. Demikian pula tadi pagi pas pertama sy coba blw. Apakah ada tips? Terima kasih

    Like

    • Halo.. Maaf baru balas.. Kemarin-kemarin saya sedang sibuk pindahan. Gpp mbak, tiap anak beda… Coba lagi aja pelan-pelan, mungkin untuk makanan selingan dulu kalau memang khawatir gak ada makanan yang sama sekali masuk 🙂

      Like

  7. Seneng sekali bisa mampir kesini..semakin memperkuat keyakinan pada BLW..cuma masih bingung bikin sajian lain klo gak dalam bentuk aslinya..share resepnya juga dong bun..hehe, salam kenal

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s