Raya: 12, 13, 14, …… 17 bulan :D

assalaamu’alaikuuumm.. apa kabar? *sambil nyapu-nyapu dan bersih-bersih debu di blog =))

peri kecil saya hari ini tepatnya berusia 17 bulan 2 minggu. alhamdulillah masih ASI, lulus non gulgar sampe setahun, bisa jalan sejak umur setahun, cerewet banget walaupun bahasanya bahasa planet :))

gimana dengan BLW-nya? here comes the detail…

Baby Led Weaning (BLW): 1 year and beyond…

seperti yang saya pernah bilang, sejak umur 9 bulan Raya kadang-kadang saya suapi. tapi tetep dia lebih seneng minta makan sendiri. sementara sejak Raya umur 11 bulan, menu makanan kami mulai sama. bedanya, Raya gak pake gulgar. jadi kalo saya makan  balado ayam, dia juga makan balado ayam versinya (dengan paprika dan cabe besar buang biji). sejak umur 11 bulan juga Raya udah pinterrr makan ceker (dan doyan!). kalo makan, tulangnya bisa dia lepeh dengan manisnya. termasuk makan kelengkeng waktu mudik. biasanya dia akan mengulum buahnya utuh2, kunyah-kunyah-kunyah lalu bijinya dilepeh. eyang-eyangnya yang ngeliat pada ngeri, tapi ternyata dia bisa =)

nah, sejak umur setahun, Raya lagi seneng2nya makan sendiri sambil pake sendok! duuhh jujur saya rada stres. bukan apa2, setelah 1 tahun kan ASI sudah gak utama, sementara Raya kalo makan pake sendok gitu lebih banyak jatoh ke lantai, ke baju, ato balik lagi ke piringnya daripada masuk ke mulutnya. kalo makan yang lengket2 dan kental kaya yoghurt, bubur, gitu sih bisa.. tapi ibunya kurang ide untuk mengkreasikan makanan jenis begitu. alhamdulillah sejak umur 14 bulan udah lancar car carrrr pake sendok. pinteeerrr =)

nah saya menemukan fenomena unik pada Raya. ternyata, dia suka sama sayuran berwarna hijau! alhamdulillah.. selain bayam dan buncis yang sejak dulu emang doyan, kangkung dan pakcoy juga ternyata suka.. kecuali batang pakcoy, gak doyan dia hehe. tapi tapi, Raya gak begitu suka wortel =( kadang mau kadang enggak. kalo di buat jus sih selalu mau… oya, Raya juga ternyata suka pedes =)) awalnya sih karena saya sejak Raya umur 15 bulan udah gak pernah masak khusus buat dia. semua sekeluarga makannya sama. dan Raya sejak belum kenal gulgar pun udah saya akrabkan sama merica. ternyata…. sambal pecel dan rendang gak masalah buat dia hehe. biasanya dia bakal “huh haaaaaaahh”, minta minum, terus lanjut makan.

kalo soal selera, berhubung Raya sejak umur 15 bulan udah masuk preschool (detail menyusul), maka sejak saat itu lah dia ikut makan siang ala preschoolnya. kadang nasi kari, atau kentang dan salmon, dll. alhamdulillah walaupun gak selalu habis bersih, tapi Raya selalu mau nyoba makanannya yang ala internasional itu. jangan salah, kalo beli sushi yang california roll selalu rebutan sama emaknya =))

Nursing while pregnant (NWP)

Alhamdulillah, sejak Raya 15 bulan, saya positif hamil lagi =)
Kebetulan sejak seblum hamil saya udah banyak baca tentang nursing while pregnant, jadi begitu ketahuan positif ya lanjut aja.. sebenernya sih cerita hamil ini agak lucu.. saya udah ngerasa mual sejak 2 minggu sampai akhirnya kita sekeluarga jalan2 ke Bratislava, Vienna, dan Praha. perut juga mulai kram2, nafsu makan menurun, bilang ke suami malah dianggap becanda =)) maklum, untuk bisa hamil Raya aja kan butuh 4 tahun 4 bulan =)
di Praha, metronya kebanyakan gak punya lift. demikian juga dengan tremnya, bertangga-tangga. saya pun harus kerjasama gotong2 stroller Raya sama suami. dan ternyataaa,,, begitu sampe Göteborg langsung ngetes, hasilnya positif =)

3 hari kemudian, saya mudik ke Indonesia. saya sama sekali ga punya gambaran usia kehamilan saya berapa minggu karena lupa kapan haid terakhir hihi. begitu sampe Jakarta langsu g ke DSOG, alhamdulillah udah 7 minggu berdasarkan USG =)

USG waktu di Indonesia, adik di usia 11 minggu dalam perut =)

Oya, saya milih ke Dr. Riyana Kadarsari, bukan karena namanya nyaris sama kaya saya hehe, tapi karena saya suka baca sepak terjang beliau di theurbanmama. begitu konsul dan bilang saya masih punya batita menyusui, dia bilang susuin aja terus. gak ada bukti bahwa menyusui ketika hamil bisa bikin keguguran. meskipun kontraksi dok? – kata saya, karena saya sempet ngerasa kontraksi pas awal2. iya, kata beliau. Dr. Riyana juga bilang kalo untuk urun nutrisi, semua sudah diatur. baik janin maupun ASI ga akan berkurang kualitasnya. kalo ibu kurang gizi? yang ada cadangan nutrisi kita habis, karena tubuh akan selalu memprioritaskan untuk ASI dan janin. Hidup Dr. Riyanaaaaaa! =))

Dr. Riyana ini juga salah satu penggiat gentle birth. wahh, kalo saya melahirkan di jakarta, saya mau sama beliau aja deh hehe. mohon doanya ya semua.. semoga bapak, ibu, kakak Raya, dan adik, semua sehat-sehat, aamiiiiiin!!

demikian update singkat di tengah cuaca Göteborg yang semakin dingiiiin.. brrr… wassalam =)

3 thoughts on “Raya: 12, 13, 14, …… 17 bulan :D

  1. Woow.. Selamat ya kak atas kehamilannya. Hebat euy raya perkembangannya bagus bgt, beda banget sama satria asa masih bayi, minta disuapin, mungkin karena fani males ngeliat kotor2an kali ya?, fani jg greget kl ada makanan yang jatuh ke lantai, dan lebih sedikit masuk mulut jadi aja makan sambil kejar2an..

    Btw kak, dokter riyana ada dimana?, fani lagi berencana ingin hamil lagi, ini baru lepas pil kb.. Doakan ya kak, cuma denger kata gentle birth rasanya ragu utk di indo yg kayaknya dikit2 caesar, jadi fani mau lhoo info lebih lanjut tentang dr riyana ya kak 😀

    Terimakasih sebelumnya

    Like

    • aamiiiin2.. makasih fani.. hihi iya gpp fan, tiap enak beda2 kayanya. Raya tapi belum bisa ngomong nih.. yang jelas cuma “bapak” aja hehe. dooohh, kadang suka geregetan sendiri dia juga, kalo minta sesuatu tapi gak tau gimana ngomongnya 🙂

      btw, dr. riyana prakteknya di daerah tangsel aja kayanya.. di sari asih ciledug dan hermina ciputat. kalo mau, bisa join grup “Gentle Birth Untuk Semua” di FB. Fani tau Galenia yang punya anak ITB? yang di badaksinga deket kampus.. nah itu dia juga pro GB, tapi sama bidan gak sama dokter.

      sukses ya fan, insyaAllah hamil di saat yang tepat 😉

      Like

  2. Pingback: Menyapih Bita: I weaned you because I love you…. | Keluarga Ibrahim

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s