Tips dan Trik untuk Menyikat Gigi Anak

sikat gigiMenyikat gigi balita memang susah-susah gampang…

Sebenarnya sejak awal baik Raya (hampir 4 tahun) maupun Bita (2 tahun) antusias untuk menyikat giginya. Asal… kendali sepenuhnya mereka yang pegang. Nah, masalahnya kan bersih atau enggak?

Akhirnya saya sempat menerapkan beberapa trik untuk Raya ketika dia mulai keukeuh hanya mau menyikat giginya sendiri tanpa bantuan. Semua trik ini dilakukan secara berurutan. Sekarang, posisinya sudah di trik ke-3 dan harusnya sih, it will be the final trick for her hehe.

  1. Sikat gigi ala komik. Jadi, sambil menyikat giginya Raya saya juga sibuk berakting seperti pesawat tempur, “Ngiuuunnggg, jegerrrr! Beeppp beeeppp!” Pokoknya heboh deh. Trik ini terutama mempan waktu umurnya masih 1-2 tahun.

  2. Sambil menyikat gigi, ajak ngobrol dan mengingat makanan yang dia makan hari itu. “Tuuuhh lihat ada soto ayam, eehhh ada togenya. Hiiiii, bersihin ya.. Eh, ada es krim juga, lho.. Sini ibu sikat ya..,” kira-kira demikian hehe.

  3. Kasih lihat gambar di internet, perbandingan gigi yang sehat dan gigi yang keropos akibat malas/tidak bersih menggosok gigi. Nah, berhubung makin gede trik no. 2 udah makin gak mempan, akhirnya dikasih trik pamungkas ini deh. Alhamdulillaah berhasil karena Raya nggak pingin giginya rusak.

Kalau adik Bita sih, sementara ini masih di tahap trik ke-1 hehe. Setelah saya/bapaknya menyikat gigi mereka, biasanya mereka juga punya waktu sendiri untuk mandiri menyikat giginya sendiri.

Meskipun demikian, ada juga kendala terakhir yang tidak berhubungan dengan si anak… Kadang ibu/bapak sudah terlalu ngantuk atau kepotong adik Bita yang rewel jadi acara sikat gigi malam pun terpaksa terlewatkan. Kalau sudah begitu, kejadian deh seperti pagi ini, “Ibuuuuuuu I didn’t brush my teeth!” kata Raya sambil ngomel ke ibunya… Hiks, maaf yaa Raya..

Tips tambahan dari seorang teman adalah menyetel video tentang menyikat gigi. Ada beberapa video di Youtube yang bisa dicari, misalnya Elmo, dkk menyikat gigi.

Juga, jika anak sudah ada kesadaran sikat gigi sebelum tidur, daripada kejadian kelewat sikat giginya karena ibunya repot atau lupa, bisa diakali dengan menaruh perlengkapan sikatnya di tempat yg bisa dijangkau si anak. Plus gelas kumur dan air matangnya. Dalam keadaan darurat lebih baik menyikat gigi sendiri meskipun belum terlalu bersih, daripada tidak sama sekali. Semoga bermanfaat yaa! 🙂

Salam,

riana sig

8 thoughts on “Tips dan Trik untuk Menyikat Gigi Anak

  1. yg paling susah emang klo emaknya udah keburu ngantuk berat hihihi…
    pernah nih simpan perlengkapan sikat giginya di tempat yg mudah diakses, eh malah jd kesempatan utk main air, pas emaknya lg nyenyak2nya :))

    Like

    • Walaahhh bener banget, itu resiko kalo dibiarin sendiri ya wkwkw.. kayanya tipenya Jav sama banget sama Raya, doyan main air. ini saran dari temen yang dokter gigi, begitu denger cerita kalo tadi malam Raya kelewatan sikat gigi trus ngomel.. jujurnya memang belum pernah dipraktekin karena baru dapat tipsnya. hmmm, kalau gini caranya mah emang emaknya yang kudu konsisten ya.. T_T 😀

      Like

  2. aaah… tatapan mata adek Bita membua hatiku meleleh.. aaww 😀 nice tips mbak. moga entaaarr kalo udah punya krucils bisa saya terapin metode kece nya ini 😀
    btw, waktu saya kecil dulu, jaman TK lah yaa.. iming imingnya dikasi sikat gigi lucu sama pasta gigi rasa rasa biar semangat gosok gigi 😀

    Like

  3. uwooo, ini memang prlu kesabaran extra mba… Anakku jg lumayan kalo disikatin giginya.. pgnnya sikat sendiri… masalahnya selain ga yakin brsih ato ga, aku kuatir dia nelan odolnya -__-… trs pas kumur2, dia bilang jg bisa, walopun aku kuatirnya dia bkl nelen tuh air ;p

    eh kyknya trik k3 bgs tuh..aku coba deh k Fylly 😀

    Like

    • bener! sabar dan konsisten. kadang sayanya sendiri yang malas, trus ngebiarin mereka sikat sendiri.. 😦 mungkin airnya bisa dicoba pake air mateng dulu mbak, biar kalo gak sengaja ketelen masih aman… semoga triknya ada yang bermanfaat 😀

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s