braxton hicks alias kontraksi palsu??

minggu kemarin, tepatnya hari kamis malam, sebelum tidur saya dan suami buka2 video youtube langganan tentang perkembangan janin week by week. waktu itu kita nonton tentang fetal development minggu ke-34 (posisi saya saat itu memang minggu ke-34 menuju ke-35). kata videonya, the baby is almost ready to be born. bahkan bisa dibilang udah cukup normal lah untuk dilahirkan dan gak butuh extra treatment.

suami langsung bilang, “WAAAHHH, GIMANA YA KALO KAKAKNYA LAHIR SEKARANG?”

daaaaaaaaaan gak disangka2 habis beliaunya ngomong gitu, tiba-tiba perut saya kontraksi aja gitu looooh!! SUBHANALLAH… sakitnya ternyata mantap!! dari depan (perut) menjalar ke belakang (pinggang), walaupun yg di bagian depan hanya di bagian atas perut aja. perut terasa kencang dan rasanya antara campuran kram perut mau mens (tapi lebih sakit lageeeee) dan perut melilit2. saya sendiri udah beberapa kali baca tentang adanya braxton hicks, tapi belum begitu nyantol. jadi pas kejadian hari kamis malam itu rada2 mikir, “Ya Allah, apa ini udah waktunya?“. selama sejam saya meringis2 nahan sakit sambil punggung terus dielus2 sama suami. begini salah, begitu salah. dan anehnya, interval rasa sakitnya sangat dekat. kira-kira 2-3 menit sekali rasa sakitnya datang. padahal setau saya, braxton hicks itu jaraknya panjang2 dan tidak beraturan antara kedatangan rasa sakitnya

saya dan suami mulai ngomong gini sambil ngelus2 perut, “kakak, nanti dulu yaa.. sabar ya.. belum waktunya..”. gimana coba, tas perlengkapan melahirkan aja belum disiapin (rencanya memang baru mau disiapin 5 hari kemudian, karena tasnya mau dipake suami ke belgia dulu). box bayi masih di ruang tamu dan belum dimasukin ke kamar. dan yang paling parah, rumah super berantakan.. dooohhh..

singkat cerita, alhamdulillah, setelah sejam kesakitan, rasa nyerinya berkurang dan saya pun bisa tidur.

besoknya, hari jumat, saya bangun dengan keadaan segar bugar. suami pun berangkat duluan, sementara saya berencana ngampus agak siangan. gak disangka2, jam 8.30 pagi kontraksinya mulai lagiiiiiiiiii!! kali ini sakitnya lebih lebih dari kemarin malam.  saya nyoba nyari timer untuk bisa itung berapa interval antara jarak sakit dengan lebih akurat. dan hp saya dengan suksesnya gak ada program buat timer (ada juga program cooking timer yg saya install setaun yg lalu, haduuuuuuuuu). tapi tetep lho, intervalnya singkaaaattt banget antara jarak sakit satu ke yg lain. dan saya bener2 gak bisa ngapa2in (katanya kalo braxton hicks, tinggal pindah posisi aja sakitnya berkurang, tapi saya kok enggaaakkk hiks). nangis2 nelpon suami, mana dia lagi meeting. trus smsan sama mamah. wah rasanya luar biasa.. saking sakitnya, akhirnya saya sampe memuntahkan isi sarapan saya pagi itu… (yang mana sepanjang kehamilan saya, saya justru gak pernah bener2 muntah lho, cuma oek oek aja,, pernah sih 2 kali keluar sesuatu tapi cuma cairan lambung. jadi muntah kemarin itu bener2 kejadian pertama buat saya). akhirnya, lama-lama sakitnya mulai berkurang, dan total, sama seperti malamnya, sekitar sejam lamanya saya kesakitan.

habis itu langsung deh saya browsing tentang braxton hicks ini. anehnya gak semuanya bener lho tanda2nya (dibandingkan dengan apa yg terjadi pada saya). pertama ya yg tentang ganti posisi itu…gak ngaruh! terus intervalnya yg katanya jarang…tapi saya kok cepet banget? akhirnya yg mulai membuat yakin kalo itu braxton hicks adalah karena rasa sakitnya gak sampe ke perut bawah. duh, itu aja rasanya udah nikmat banget.. gimana ya kalo kontraksi beneran?  think positive.. think positive.. think positive.. *mencoba mengaplikasikan hypnobirthing, padahal pas kemarin nyoba diaplikasiin pas kesakitan itu juga gak ngaruh :P* iya, jadi pas waktu kontraksi itu langsung nyoba menghipnosis diri sendiri, “ini gak sakit kok.. gak sakit..”. tapi gak bisaaaa,, beneran sakit soalnya. aduhhhh, harus lebih mempersiapkan mental nih. bismillaaaahhh..

oya, kebetulan ada bu Erna, yg lagi ngambil S3 disini, ternyata beliau juga pernah ngerasain hal yg sama dengan saya waktu beliau hamil anak ke-3. beliau juga kontraksi palsu persis kaya saya di minggu ke-35. pas saya tanya, hari lahir bayinya jadi maju 2 minggu, ke minggu-38. waaaaaaah saya sih seneng, kalo majunya jadi ke minggu 38. semuanya insyaAllah udah siap dan sempurna buat bayinya, karena perkiraan lahir itu kan antara minggu ke-38 dan 42 (expected due date/EDD adalah minggu ke.40). apalagi EDD saya tgl 3 mei dan tgl 10 nya saya sidang thesis. kalo bisa lahir 2 minggu sebelum due date, ibu seneng banget kaaaaaak.. asal udah cukup bulan, tunggu enin datang, dan tunggu bapak pulang dari nairobi yaa (iyaaa,, suami saya mau pergi ke nairobi selama 4 malam ketika usia kehamilan saya menuju 38 minggu. jadi saya sempet sendirian 2 malam sebelum akhirnya ibu saya datang, hiks).

begitulah, sekedar berbagi pengalaman tentang braxton hicks alias kontraksi palsu. btw, duh, ini kok rasa2nya mulai sakit lagi ya..

5 thoughts on “braxton hicks alias kontraksi palsu??

  1. Kalau boleh tau akhirnya minggu keberapa mba bayinya lahir?
    Sy jga lgi bedain kontraksinya istri ni..skrg mau msuk minggu ke 34..istri aga parno krena skit banget dan udh 2 hri berturut2..tpi kontraksi palsu y kynya.
    Mkasih banyak sharingnya

    Wilman

    Like

    • halo mas wilman.. saya akhirnya melahirkan di usia kehamilan 38 minggu 6 hari..
      kontraksi palsunya cuma 2 hari itu aja yg saya rasakan =)
      berdasarkan pengalaman sih, kontraksi palsu rasanya juga sakit, tapi gak sampe ke area bawah.. sementara kontraksi beneran, melilitnya mulai dari depan, ke bawah, dan ke belakang. kontraksi beneran juga lebih intensif dibanding yang palsu. oya, salah satu tanda2 kontraksi asli: saking sakitnya sampe gak bisa ngomong, mas. kalo masih bisa ngomong berarti kalo bukan masih di awal2 ya kontraksi palsu hehe.
      semoga membantu ya mas. dan semoga proses kelahiran istrinya dilancarkan =)

      Like

  2. saya sejak minggu ke 36 sampe skrg minggu ke 38 5 hari ngalami yg namanya kontraksi palsu, setiap malam lho…klw pagi aman2 aja… ini kehamilan yg kedua, jd saya udh bisa bedain yg namanya kontraksi palsu dan asli…jd msh bisa santai. tp gak sabaran jg pengen segera merasakan kontraksi asli coz dulu si kk saat 38 minggu 2 hari udh lahir… hehe…

    Like

  3. Bunda bunda….. pas uk 34 aku ngalamin kontraksi palsu…emang iyah sakitnya area perut ga sampe k bawah tp cuman 1 hri jj. Sakitnya luar niasa mpe kringet dingin n bdan smua dingin trus muntah mpe 3 kali…pagi sore n malam… sy lngsung k dokter coz tkut ngaruh k debay. Alhmdllh all is well…. skràng aku msih mnntinklahiran ksayanganku. Doain y bund

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s